Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Pemasaran Produk

 Teknik Pemasaran Produk yang Jitu untuk Pemula

Strategi pemasaran produk adalah hal yang paling esensial sebagai upaya untuk mengembangkan bisnis. Oleh karena itu teknik pemasaran produk harus dapat dikuasai oleh para pelaku bisnis. 

Teknik memperkenalkan suatu produk atau layanan yang optimal bertujuan agar pemasaran dapat terarah dan fokus sehingga mendatangkan keuntungan. Sebaiknya teknik pemasaran yang baik tidak menyimpang dari perencanaan yang dibuat.

Teknik Pemasaran Produk yang Jitu untuk Pemula (nesabamedia.com)

Teknik Pemasaran Produk yang Jitu untuk Pemula (nesabamedia.com)

6 Teknik Pemasaran Produk untuk Pemula

Semua usaha yang menghasilkan barang atau jasa membutuhkan teknik pemasaran supaya bisa berkembang. Sebagai pebisnis pemula, Anda harus mengetahui strategi pemasaran agar tepat sasaran dan dapat mendatangkan keuntungan. Berikut adalah ulasan strategi pemasaran untuk meningkatkan potensi penjualan.

Lakukan Segmentasi Pasar

Tujuan dilakukannya segmentasi pasar adalah supaya produk yang diciptakan unggul dalam kompetisi bisnis dan dapat menguasai pangsa pasar. Anda dapat melakukan teknik segmentasi pasar dengan pengelompokan pasar sesuai dengan usia, jenis kelamin, dan wilayah agar promosi yang dilakukan tepat sasaran.

Teknik ini penting dilakukan pertama kali oleh para pebisnis mengingat produk yang kita hasilkan akan digunakan oleh konsumen. Misal saja kita akan menggeluti bisnis busana wanita, maka alangkah baiknya jika target pemasaran adalah wanita usia remaja hingga berumur 30 tahun. Peluang untuk sukses semakin besar jika target pemasaran semakin kecil.

Perencanaan Produk

Kegiatan yang dilakukan dalam perencanaan produk meliputi pemberian merek produk, stok barang, detail produk yang dibuat, hingga pengemasan.

Teknik pemasaran produk melalui pengemasan yang menarik sebagai upaya diferensiasi atau pengenalan produk yang berbeda dari yang lainnya. Hal tersebut berkaitan langsung dengan ikatan emosional calon konsumen sehingga tertarik untuk membeli produk tersebut.

Manfaatkan Media Sosial yang Dimiliki

Memasarkan suatu produk melalui beberapa media sosial merupakan cara yang efektif. Di era milenial ini sudah banyak orang yang menjadikan gadget sebuah kebutuhan pokok.

Melalui media sosial dapat memperluas jangkauan kita untuk berkomunikasi dengan banyak orang hingga di luar daerah sekalipun. Strategi ini dinilai efektif cara dan waktu. Semakin banyak yang melihat postingan produk yang Anda jual semakin besar pula potensi pelanggan yang akan didapatkan.

 

Penetapan Harga Jual

Masyarakat memang cenderung membeli barang dengan harga murah. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk menjual suatu produk dengan harga jual relatif tinggi selama kualitasnya terjamin.

Jangan takut kehilangan konsumen karena harga produk yang Anda jual tinggi. Beberapa konsumen membeli produk tersebut karena kualitasnya yang bagus dan juga sudah menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

Buatlah Product Branding

Teknik pemasaran produk ini mengarah pada penciptaan sebuah produk  berdaya jual tinggi namun tetap mengedepankan imej yang baik terhadap produk tersebut. Sebagai contoh, meski mobil Ferrari harganya selangit namun memiliki segmen yang cukup baik dipasaran.

Ada baiknya jika produk yang dibuat selalu memberikan inovasi sehingga menjadi produk yang trending, pusat perhatian, dan digunakan banyak konsumen. Hal ini untuk menghindari konsumen dari kebosanan dengan produk monoton yang Anda jual.

Pemberian Insentif

Pemberian insentif secara berkala kepada pihak ketiga juga merupakan bagian dari pemasaran produk. Hal ini bertujuan agar pihak ketiga, dalam hal ini reseller, promotor, atau distributor, semakin efektif melakukan promosi. 

Anda juga bisa memberikan insentif pada beberapa konsumen yang melakukan pembelian dengan jumlah terbanyak. Tindakan ini akan membuat konsumen senang sehingga tercipta hubungan emosional antara kedua belah pihak.

Hubungan emosional yang terjalin akan membuat konsumen sulit berpaling ke produk kompetitor lain.

Teknik pemasaran produk diatas patut dicoba dan dipraktekan guna mengikat pelanggan bahkan memungkinkan kita untuk mendapatkan calon konsumen yang baru. Pastikan Anda juga sudah menyusun perencanaan untuk mengelola keuangan Anda.

Posting Komentar untuk "Teknik Pemasaran Produk"